Manfaat Kultur Jaringan

Kultur jaringan adalah teknologi modern di bidang pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak dapat atau sulit dilakukan dengan cara konvensional. Oleh karena itu kultur jaringan mempunyai manfaat dalam berbagai bidang antara lain :

Perbanyakan Tanaman

Tanaman yang dapat dikembangbiakkan dengan biji tidak perlu dikembangbiakkan dengan kultur jaringan kecuali ada alasan tertentu, misalnya biji sangat kecil (anggrek) atau biji mengandung penyakit. Sedangkan tanaman yang sulit dikembangbiakkan dengan biji perlu dikembangbiakkan dengan teknik kultur jaringan (pisang, kentang, tebu, anggrek, dll.).

Penyediaan Bibit Bebas Penyakit

Bibit merupakan bahan dasar yang menentukan kualitas bahan baku Agroindustri, oleh karena itu perlu diawali dengan penggunaan bibit yang sehat dan bebas penyakit. Penyakit yang terbawa oleh bibit akan muncul pada tanaman berikutnya dan seterusnya. Dengan kultur jaringan seleksi bibit dapat dilakukan seawal mungkin dan hanya bibit yang benar-benar sehat yang akan diperbanyak.

Koleksi Plasma Nutfah

Kita sering melakukan koleksi berbagai jenis spesies atau varietas dengan sadar atau tidak sadar dengan tujuan komersial, ilmiah maupun hobi. Akan tetapi seringkali koleksi kita punah karena kurangnya perawatan atau terserang olah hama dan penyakit. Alternatif untuk mempertahankan koleksi tersebut dapat dilakukan dengan kultur jaringan, sehingga .....


Download Word
Download Pdf

No comments:

Post a Comment