Ruang Lingkup dan Pengertian Statistika

Ruang Lingkup

Di dalam kehidupan sehari-hari sering kita dihadapkan pada suatu fakta untuk mengetahui dan menjawab keterkaitan antara sesuatu hal dengan hal yang lain. Memprediksi kejadian-kejadian yang akan datang berdasarkan keadaan masa lampau dan sekarang. Bidang peramalan dalam kehidupan sangat diperlukan dalam segala bidang, mulai dari peramalan cuaca sampai peramalan tentang masa depan suatu Negara. Dibidang penelitian, misalnya apakah pemberian pupuk organik lebih menguntungkan dibanding pupuk buatan terhadap tanah dan tanaman. Guna mencari jawaban contoh permasalahan tersebut diperlukan suatu data. Data perlu diolah (dianalisis) dan diinterpretasikan, hal ini dapat dilakukan dengan bantuan perhitungan­-perhitungan statistika. Didunia industri statistik talah digunakan sebagai alat untuk mengontrol kualitas produk (quality control), selain itu melalui teori peluang dapat digunakan untuk memprediksi keberhasilan promosi, pemasaran dan lain sebagainya.

Pada saat ini statistika digunakan diberbagai bidang ilmu seperti: biologi, kedokteran, pendidikan, sosial, ekonomi, teknik, industri, dan bidang-bidang terapan yang lain. Disadari sepenuhnya, bahwa statistika sebagai suatu metode, maka memiliki keterbatasan. Ketepatannya sebagai alat tergantung pada masalah yang akan dipecahkan atau lebih tepatnya bergantung pada ilmu atau bidang yang mempergunakannya.

Pengertian Statistika

Statistika (statistics) merupakan bagian dari ilmu matematika yang terdiri dari serangkaian teknik menganalisis data untuk membantu dalam pengambilan keputusan tentang .....


No comments:

Post a Comment