Teknik Sampling

Pengertian dan Istilah
Sebelum lebih jauh memahami tentang teknik sampling perlu dipahami terlebih dahulu istilah-istilah dan definisi yang terkait dengan sampling.

Populasi
Populasi adalah keseluruhan pengamatan yang menjadi perhatian kita atau gugus pengamatan suatu karakteristik yang terdiri (beranggotakan) semua basil pengukuran yang mungkin. Misalnya : populasi tanaman jagung di persawahan, populasi gulma pada lahan tanaman padi, dan lain sebagainya. Populasi kadang­kadang juga disebut universe. Populasi dapat terdiri dari sejumlah elemen yang terbatas ataupun sejumlah elemen yang tidak terbatas.

Sampel (Contoh)
Sampel adalah suatu himpunan bagian dari populasi atau disebut juga sebagian dari populasi yang digunakan untuk mempelajari populasi dimana dia berasal.

Sensus
Bila pengukuran dilakukan terhadap seluruh komponen atau anggota populasi maka metode yang demikian disebut dengan sensus. Adanya keterbatasan biaya tenaga dan waktu biasanya sensus ini jarang sekali dilakukan.

Proporsi Populasi
Di dalam populasi proporsi dari satu pengamatan yang mempunyai sifat tertentu atau berada dalam kategori tertentu disebut proporsi dari populasi. Misalnya .....


No comments:

Post a Comment