Variable (Peubah) dan Jenis-Jenisnya

Pengertian

Variabel adalah karakteristik suatu individu yang teramati dan yang berbeda dengan individu yang lain dalam suatu populasi atau sampel. Nilainya dapat bermacam-macam dan biasanya diberi simbul huruf besar (X, Y). Variabel biasanya digolongkan berdasarkan macam data yang diamati. Karena itu ada variabel diskrit, kontinu, kuantitatif, kualitatif, dan lain sebagainya.

Terdapat dua ciri khas utama suatu variabel (1) variabel harus dapat membedakan suatu benda dengan benda lainnya, dan (2) variabel harus dapat diukur. Oleh karena salah satu ciri variabel adalah dapat diukur maka variabel harus memiliki ukuran. Terdapat empat macam ukuran yang digunakan dalam mengukur variabel. Ukuran-ukuran ini dinamakan dengan skala ukur (measurement scale) atau tingkat pengukuran (level of measurement). Keempat ukuran tersebut ditunjukkan oleh adanya skala nominal, ordinal, ineterval, dan ratio, sehingga kadang-kadang variabel juga dibedakan berdasarkan skala tersebut.

Variabel Ditinjau dari Bentuknya
Berdasarkan bentuknya variabel dibagi menjadi dua yaitu variabel kualitatif dan variabel kuantitatif. Variabel kualitatif bentuknya klasifikasi yang diwujudkan dalam bentuk peringkat, sedangkan variabel kuantitatif bentuknya numerik (bilangan) yang dibagi menjadi variabel diskrit dan variabel kontinu.

Variabel Ditinjau dari Fungsinya
Jika ditinjau dari fungsinya variable digolongkan menjadi empat yaitu:

a. Variabel bebas (independent variable) yaitu variabel yang memiliki fungsi menerangkan variabel lainnya
b. Variabel tak bebas (dependent variable) yaitu variabel yang diterangkan oleh variabel lainnya
c. Variabel antesenden yaitu variabel yang memiliki fungsi dalam strukturnya mendahului variabel lainnya.
d. Variabel intervening yaitu variabel yang dalam strukturnya berada di tengah-tengah variabel lainnya

No comments:

Post a Comment