Teknik Penyajian Data

Gambaran Umum
Data yang diperoleh dari pengukuran belum cukup memberikan gambaran yang jelas tentang kondisi obyek yang diamati. Data tersebut diharapkan dapat berbicara dan memberikan informasi bagi yang memerlukan. Banyak cara dilakukan agar data mentah tersebut dapat disajikan secara menarik dan mudah untuk dipahami secara visual. Cara-cara yang telah dilakukan antara lain disajikan dalam bentuk histogram, diagram lingkar, diagram garis, pictogram, peta statistik, dan tabel frekwensi.
Tabel
Penyajian data yang diperoleh dari hasil pengamatan dapat disajikan dalam bentuk tabel. Unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam membuat suatu tabel antara lain (1) judul tabel, (2) kepala tabel yang berisi pokok-pokok variable yang diuraikan, (3) isi tabel yang berisi data dari variable bebas dan variable tak bebas, (4) kaki tabel yang berisi keterangan, sumber pustaka, atau keterangan dari kode-kode, singkatan-singkatan dalam tabel. Berikut ini disajikan data hasil penelitian kandungan unsur hara dalam kompos sampah rumah tangga (SRT) yang dilakukan oleh Sugianto, dkk. (2003).

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penyajian data dengan bentuk tabel, bahwa bagi yang membaca tabel tersebut dapat mengerti dengan sendirinya, artinya .....


No comments:

Post a Comment